5 Rahasia untuk Membangun Perusahaan

Ada banyak orang yang ingin menjadi Bill Gates berikutnya, Oprah Winfrey, Warren Buffett, Aliko Dangote, atau Steve Jobs. Mereka bermimpi membangun kerajaan bisnis mereka sendiri. Sayangnya, banyak dari mereka tidak tahu bagaimana mewujudkan mimpi mereka, sehingga mereka terjebak dengan mempertahankan bisnis kecil atau bahkan tidak memulai sama sekali.

Banyak orang bertanya pada diri sendiri bagaimana kerajaan yang ada menjadi begitu sukses selama bertahun-tahun. Sebagai cara untuk menjawab pertanyaan mereka, ini adalah beberapa rahasia dalam membangun kerajaan bisnis yang kuat dan sukses dengan sebuah peluang usaha baru :

  • Bersedia menggiling.

Tidak ada yang namanya kesuksesan instan di dunia bisnis. Agar bisnis tumbuh menjadi kerajaan yang sukses, seorang pengusaha harus memulai dari bawah dan bersedia untuk menggiling. Salah satu contohnya adalah Kolonel Sanders dari Kentucky Fried Chicken (KFC). Setelah bertugas untuk tentara AS selama bertahun-tahun, ia memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri dengan menjajakan ayam buatannya di restoran. Dia tidak memiliki banyak modal investasi, jadi dia harus pergi dari restoran ke restoran. Akhirnya, resep ayamnya menjadi lebih populer di seluruh Amerika. Meskipun butuh waktu lama, “ayam jarinya yang menjilat jari” menjadi salah satu rantai makanan cepat saji yang terkenal tidak hanya di Amerika tetapi juga di seluruh dunia.

  • Buat produk atau layanan yang melayani ceruk yang dilindungi

Salah satu rahasia terbesar dalam menciptakan kerajaan bisnis adalah menciptakan produk atau layanan yang ingin dibeli semua orang. Ambil contoh industri minuman ringan, terlepas dari kenyataan bahwa soda mereka mengandung gula dan kalori, mereka tahu bahwa akan selalu ada orang yang minum soda. Tidak peduli waktu tahun atau lokasi, jutaan orang akan mendambakan minuman yang menyegarkan seperti soda.

  • Menyimpang dari kompetisi.

Strategi blue-ocean adalah taktik bisnis di mana pengusaha menciptakan produk yang mirip dengan pesaing tetapi memilih untuk melayani pasar yang sama sekali berbeda. Strategi bisnis ini adalah bagaimana kerajaan berkembang ketika diferensiasi dan keterjangkauan menciptakan permintaan baru di pasar yang tampaknya ramai.

Ambil contoh raksasa teknologi Apple. Saat itu, tablet seluler hanya mimpi-pipa dan tidak ada yang namanya tablet. Selain itu, pengguna gadget sudah memiliki laptop dan komputer desktop, serta ponsel. Mereka tidak berpikir mereka akan membutuhkan yang lain.

Namun, semuanya berubah ketika Apple memperkenalkan iPad, tablet layar sentuh pertama perusahaan yang lebih portabel daripada laptop namun lebih fungsional daripada ponsel. Resepsi luar biasa dengan kritik teknologi dan konsumen gadget berbondong-bondong ke toko mereka untuk mendapatkan gadget portabel terbaru. Itu juga menghasilkan pasar baru. Setelah kesuksesan awal Apple, produsen lain mulai membuat tablet sendiri untuk pasar yang baru dibuat.

  • Berbaik hati kepada klien Anda dan melayani mereka dengan baik.

Kedermawanan mungkin merupakan sikap pengusaha yang mahal untuk memenangkan klien, tetapi itu bisa bermanfaat bagi mereka dalam jangka panjang. Itu akhirnya membuat klien lebih setia pada bisnis. Satu tampilan kemurahan hati yang luar biasa datang dari Microsoft. Raksasa teknologi ini menghasilkan miliaran dolar dari royalti lisensi dari produsen komputer. Seiring pertumbuhan perusahaan, mereka memberikan dividen tunai kepada pemegang saham dan karyawannya, yang membuat mereka jauh lebih bahagia dan puas.

  • Jadilah terlihat dan ramah kepada semua orang di bisnis ini.

Pemimpin bisnis dan wirausahawan yang baik tidak akan tinggal di dalam kantor eksekutif sepanjang waktu. Mereka akan keluar dan membuat koneksi. Sebagai contoh, pendiri Virgin Group of Companies memastikan bahwa ia akan bertemu dan menyapa karyawan dan stafnya. Dia juga memastikan untuk berjabat tangan dengan penumpang maskapai Virgin Atlantic. Dengan contoh ini, pendiri menekankan bahwa salah satu rahasia dalam membangun sebuah kerajaan adalah menjadi ramah dan dapat diakses oleh semua orang yang bekerja di bisnis ini.

Jika Anda benar-benar seorang wirausahawan yang berkomitmen membangun kerajaan, mungkin butuh waktu lama tetapi kesabaran dan dedikasi akan memupuk impian Anda untuk dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *