5 Keterampilan Wawancara yang Akan Membuat Anda Diterima

Selamat! Anda sudah mendapat wawancara. Apa yang Anda lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara sama pentingnya dengan apa yang Anda lakukan dalam wawancara. Di bawah ini adalah lima keterampilan wawancara teratas yang Anda perlukan untuk mendapatkan pekerjaan berikutnya.

Latih jawaban wawancara Anda

Berlatih untuk wawancara Anda bisa menjadi langkah paling penting untuk mendapatkan pekerjaan berikutnya. Jika Anda memiliki kamera video atau ponsel; minta pasangan atau teman merekam wawancara latihan Anda. Perhatikan bahasa dan nada tubuh Anda. Bersiaplah juga untuk menjawab pertanyaan umum dan perilaku dan batasi respons Anda hingga satu atau dua menit.

Banyak perusahaan menyediakan sumber daya karier yang akan membantu Anda mempersiapkan wawancara Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan sumber daya karier di situs web perusahaan, ada banyak sumber daya hebat yang tersedia di Internet. Mempelajari cara menjawab pertanyaan wawancara dengan benar dapat membantu Anda menonjol di atas pesaing dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima.

Dipersiapkan

Bersiaplah sebelumnya untuk wawancara Anda. Tinjau resume Anda dan bersiaplah untuk menjelaskan bagaimana pengalaman dan keterampilan Anda terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini juga merupakan ide bagus untuk meneliti perusahaan sebelum wawancara Anda. Tinjau situs web perusahaan dan publikasi lain untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan.

Bersiaplah untuk tiba setidaknya 15 menit sebelum wawancara Anda. Selama ini fokuslah untuk santai dan tetap tenang. Ini akan memungkinkan Anda untuk fokus menjawab pertanyaan wawancara dengan benar dan Anda akan merasa yakin dengan jawaban Anda.

Mengajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan selama wawancara Anda menunjukkan Anda memiliki minat pada perusahaan. Buat daftar pertanyaan yang dipikirkan dengan matang untuk pewawancara dan bersiaplah untuk mengajukan setidaknya tiga pertanyaan. Ajukan pertanyaan terkait budaya, gaya manajemen perusahaan, atau pertanyaan spesifik yang mungkin Anda miliki tentang pekerjaan yang Anda lamar. Pertanyaan harus ditanyakan dalam urutan logis. Langkah ini bisa membuat atau menghancurkan wawancara Anda jadi pastikan Anda mengajukan pertanyaan yang dipikirkan dengan matang.

Tetap tenang

Pikirkan wawancara Anda berikutnya sebagai percakapan antara dua orang atau lebih. Tujuan Anda adalah menunjukkan kepada atasan bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Anda dapat melakukannya dengan tetap tenang dan menjawab setiap pertanyaan wawancara dengan percaya diri. Jika Anda ditanya pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab, cukup minta pewawancara untuk mengulangi pertanyaan itu.

Tindak lanjut setelah wawancara

Tindak lanjuti dalam 24 jam wawancara Anda dengan panggilan telepon, kartu ucapan terima kasih atau email. Gunakan tindak lanjut Anda untuk mengulangi minat Anda pada pekerjaan. Jika Anda tidak mendapatkan pekerjaan tersebut, mintalah umpan balik dari pewawancara. Umpan balik yang konstruktif hanya dapat membuat Anda lebih siap untuk wawancara berikutnya.

Wawancara adalah keterampilan yang dapat Anda pelajari. Dengan keterampilan wawancara yang tepat, Anda dapat belajar bagaimana membagikan nilai Anda dengan calon atasan, wow pewawancara dengan keterampilan presentasi Anda, dan dapatkan pekerjaan yang benar-benar layak Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *